Minggu, 10 Februari 2019

5 Struktur Teks Anekdot Lengkap

Sudut Sekolah - Pernahkah Anda mendengar jenis teks ini? Jika Anda berkelahi di dunia bahasa, jenis teks ini sudah biasa. Secara harfiah, kami memahami bahwa makna teks anekdot adalah teks yang bertujuan menghibur. Secara umum, isi teks terdiri dari bentuk doa yang menarik dan berisi lelucon. Sehingga orang yang membaca tidak hanya mendapatkan informasi, tetapi juga hiburan. Biasanya, ketika menulis teks ini, ada struktur dan aturan tertentu. Jadi, apa struktur dan aturan penulisan teks ini?

5 Struktur Teks Anekdot Lengkap
Sumber: https://azzamaviero.com/

Seperti yang Anda ketahui, teks anekdotal ini adalah jenis teks yang berisi hiburan atau lelucon untuk setiap pembaca. Secara umum, teks ini terdiri dari kartun, karikatur hewan dan tumbuhan. Kemudian teks dapat dikembangkan dari pengalaman pribadi, baik hal kecil maupun besar.

Penulisan teks anekdot ini sendiri merupakan media yang menghibur dan juga bisa menjadi sarana untuk menyampaikan kritik. Dalam tulisannya, teks anekdotal memiliki struktur dan aturannya sendiri. Berikut adalah beberapa struktur teks anekdotal yang dapat Anda pelajari.

Struktur Teks Anekdot Lengkap

1. Abstraksi

Sebenarnya, abstraksi adalah awal dari sebuah teks. Karena itu, jenis teks ini bersifat anekdot. Apakah itu anekdot pendek dari teks atau teks lain, mereka harus mengandung abstraksi. Ini diperlukan agar pembaca dapat memahami maksud dari teks yang dieksekusi secara independen.

2. Orientasi

Struktur teks anekdotal berikut ini adalah orientasinya. Struktur ini juga mencakup struktur wajib dalam teks anekdotal. Baik itu teks lucu anekdotal atau jenis teks lainnya. Dalam orientasi ini, penulis teks harus dapat menjelaskan konteks masalah yang dimaksud. Sehingga mereka secara otomatis memiliki pengetahuan jantung teks.

3. Krisis

Selain itu, struktur lain dari teks ini adalah bahwa harus ada masalah (krisis). Pada dasarnya, masalah menjadi aspek pertama yang harus dimiliki untuk melakukan penyelidikan; ini juga berlaku untuk teks ini. Apakah teks anekdotal atau tidak, Anda harus menggambarkan masalahnya dengan benar dan jelas. Sehingga orang-orang dapat berdoa untuk Anda dan pasangan Anda.

4. Reaksi

Jika struktur sebelumnya berisi deskripsi masalah, struktur teks anekdot berikut adalah solusi dari masalah (reaksi). Dengan kata lain, pada tahap ini, solusi untuk masalah tersebut telah terkandung.

5. Koda

Struktur lain dari teks anekdotal adalah koda. Orang dapat benar-benar memahami bahwa Koda adalah bagian dari teks yang berisi kesimpulan. Kemudian, dengan bagian kode ini, pembaca dapat lebih memahami arti dari isi teks.

Selain memiliki struktur, jenis teks anekdotal ini juga memiliki aturannya sendiri dalam penyusunannya. Aturannya termasuk penggunaan kalimat yang sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saya suka menggunakan kata-kata dan kata kerja koneksi. Lalu ada kata yang menunjukkan deskripsi masa lalu. Selain itu, peristiwa yang dicoba ditransmisikan dieksekusi secara berurutan sesuai dengan peristiwa ini.

Informasi ini terkait dengan struktur teks anekdotal dan aturan penulisan. Kami berharap bahwa informasi pada teks ini akan bermanfaat bagi Anda, terutama untuk menambahkan informasi ilmiah ke bahasa Indonesia. Anda dapat mempelajari beberapa contoh teks anekdot ini dengan mudah di dunia maya. Semoga beruntung